SUARA POS

Switch to desktop Login

Lakukan Pemerasan, Kades Tawaran di Tangkap Polisi

Beri nilai item ini
(0 penilaian)
Pelaku dan rekannya, saat di keler petugas kepolisian, Fot : Saeun Pelaku dan rekannya, saat di keler petugas kepolisian, Fot : Saeun

Tuban(suarapos.com) – Saipan (45), Kepala Desa Tawaran, Kecamatan Kenduruan,  yang sudah di Pltkan dibekuk Satreskrim Polres Tuban, di warung salah satu warung Bakso Jl. Basuki Rahmat, pada hari Jum’at (21/06) kemarin. Dengan tuduhan dugaan melakukan tindak pidana pemerasan.

 

Korban diketahui bernama Abdul Basar (47) warga Desa Tigaraju, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. ketika pelaku usai makan bakso, bersama H. Muhaimin (45) teman pelaku, sebelum kemudian akan melakukan transaksi di warung tersebut dengan korban, “ketika kami tangkap pelaku sedang menemui korban di warung bakso”, Kata Ajun Komisaris Wahyu Hidayat, Kasat Reskrim Polres Tuban, Sabtu (22/06) kepada wartawan.

 

Korban awalnya dimintai uang senilai Rp 100.000.000 oleh pelaku, dengan imbalan korban meminta kepada pelaku untuk menunjukan Buku C data kepemilikan tanah miliknya, untuk dijadikan barang bukti dalam persidangan perdata korban sendiri.  Lantaran sangat membutuhkan buku C tersebut, kemudian terjadi tawar menawar antara korban dengan pelaku, sebelum kemudian terjadi kesepakatan senilai Rp 30 juta rupiah.

 

Namun, ketika korban akan memberikan uang kepada pelaku, jutru keburu tertangkap oleh petugas kepolisian, “ketika korban memberikan uang muka 10 juta, langsung kita tangkap karena petugas memergoki keduanya, kini pelaku dan barang bukti kita amankan”, Lanjut Wahyu. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku akan di jerat dengan Pasal 368 Ayat (1) KUHP tentang tindak pidana pemerasan dengan ancaman paling lama 9 Tahun penjara.

 

Penulis  : Saeun M

 

Masuk untuk mengirimkan komentar