7 Tanda Ginjal Tidak Sehat, Kamu Wajib Waspada

Ilustrasi ginjal (sumber : himedik.com)

Menjadi organ yang sangat penting bagi tubuh, terkadang keberadaan ginjal kurang mendapat perhatian. Ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor, salah satunya gejala yang ditimbulkan susah dimengerti.

Secara fungsi, ginjal berperang penting untuk memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan dan menyaring darah, menghilangkan kelebihan air, serta mengendalikan kadar mineral dalam darah. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui bahwa ginjal sedang tidak sehat.

Nah, untuk menjawab kegamangan tersebut. Kali ini Himedik memberikan tujuh ciri ginjal tidak sehat, seperti dilansir dari Bright Side

1. Perubahan frekuensi buang air kecil

Ginjal bertugas untuk memproduksi air kencing dan menghilangkan kotoran melalui itu. Perubahan frekuensi, bau, warna dan penampilan urin tidak boleh diabaikan.

Biasanya kebutuhan untuk buang air kecil meningkat, terutama pada malam hari. Di mana saja antara 4 hingga 10 kali sehari dianggap normal.

2. Bengkak di sekitar mata

Tanda awal bahwa sistem filter ginjal rusak adalah munculnya protein pada urin yang menyebabkan bengkak di sekitar mata.

3. Sakit punggung

Gagal ginjal dapat menyebabkan nyeri punggung. Nyeri yang dirasakan dalam dan berada di bawah tulang rusuk.

Umumnya. nyeri punggung yang disebabkan oleh gagal ginjal disertai dengan rasa mual, muntah, suhu tubuh tinggi, dan sering kencing.

4. Bengkak pada kaki dan tangan

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tidak akan mengeluarkan cairan ekstra dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan retensi natrium dan terjadilah pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, serta tangan.

Pembengkakan dapat dikurangi dengan meminu obat, mengurangi konsumsi garam, serta membuang kelebihan cairan pada tubuh.

5. Bau mulut dan rasa logam

Ketika kotoran menumpuk di dalam darah, hal ini dapat mengubah rasa dari makanan dan membuat mulut terasa logam. Sedangkan mau mulut adalah tanda lain bahwa tubuh terlalu banyak racun dan kontaminasi di dalam aliran darah.

6. Kulit kering dan gatal

Ginjal sehat membuang kotoran dan cairan ekstra dari darah, membantu memproduksi sel darah merah, dan mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam tubuh.

Jika kerap merasa gatal dan kulit kering menandakan bahwa ginjal gagal untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi. Untuk itu cobalah untuk tetap lebih terhidrasi.

7. Sulit tidur

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka racun tidak dapat keluar dari tubuh melalui urin dan tetap berada di dalam darah. Peningkatan kadar racun membuat tubuh kesulitan untuk tertidur.

Itulah sebabnya mengapa kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kemungkinan penurunan fungsi ginjal.

Sumber : Himedik.com