Eranya Politisi Muda Kelahiran 90an

Dari Kiri: Aditya Halindra Farizdky, Bayu Airlangga, Mochammad Nur Arifin

Saat ini adalah era dimana para pemuda – pemuda mulai muncul dan berkontribusi di dunia perpolitikan tanah air. Banyak yang merasa para pemuda – pemuda ini dapat menjadi harapan segar bagi masyarakat sebagai perubahan baru di Indonesia.

Dari sisi energi, inovasi, hingga kreatifitas mereka dianggap lebih menonjol dari generasi – generasi di atasnya, seperti kutipan pernyataan dan pesan Bung Karno yang sangat terkenal “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Salah satu wilayah yang cukup banyak bermunculan nama pemuda adalah daerah Jawa Timur. Mulai munculnya nama – nama anak muda kelahiran 90an di Jawa Timur menjadi bukti bahwa mereka mulai diberi kepercayaan dan dirasa memiliki tanggung jawab cukup oleh masyarakat.

Beberapa nama – nama yang muncul antara lain:

1. Bayu Airlangga (27 tahun)

Bayu Airlangga (Surya Prima Abadi/Suara Pos)

Bayu airlangga merupakan entrepreneur muda yang namanya sedang viral karena muncul di bursa pilwali surabaya 2020 sebagai kandidat termuda.

Pria yang dijuluki Rising Star ini menjabat sebagai ketua Muda Mudi Demokrat Jatim (organisasi pemuda Partai Demokrat), dan juga wakil sekertaris DPD Demokrat Jatim.

Di usianya yang masih 27 tahun Bayu Airlangga sudah terpilih menjadi Anggota DPRD Jatim 2019-2024 yang memiliki usia termuda. Sebagai sosok milenial Putra asli Surabaya ini diharapkan dapat menjadi pemimpin yang dinamis, kreatif, dan energik.

2. Aditya Halindra Farizdky (27 tahun)

Aditya Halindra Farizdky (foto: halopantura)

Aditya Halindra Farizdky adalah putra dari Bupati Tuban ke 51 Haeny Relawati Rini Widyastuti. Ibunya adalah wanita pertama yang menjadi bupati di Provinsi Jawa Timur dan Bupati Tuban pertama yang dipilih secara langsung oleh masyarakat Kabupaten Tuban

Seperti Bayu Airlngga, Umurnya yang masih 27 tahun membuatnya terpilih menjadi Anggota DPRD Jatim 2019-2024 dengan usia termuda.

Sebagai putra Tuban yang berprestasi, ia juga disebut – sebut sangat cocok sebagai calon bupati Tuban periode ke depan.

3. Mochammad Nur Arifin (29 tahun)

Mochammad Nur Arifin (foto: tribunnews)

Mochammad Nur Arifin atau kerap disapa Gus Ipin adalah salah satu pemuda Indonesia yang sukses dengan prestasinya.

Pada tahun 2016 lalu keberhasilannya menjadi Wakil Bupati di usianya yang ke 25 tahun, membuat Mochammad Nur Arifin masuk dalam Rekor Muri sebagai Wakil Bupati termuda se-Indonesia.

Gus Ipin ternyata juga dikenal sebagai seorang vokalis salah satu band bernama Marsmellow. Putra Trenggalek ini juga memiliki vlog di YouTube yang ia beri nama MNA Vlog.

Sekarang di usia 29 tahun ia telah menjabat sebagai Bupati Trenggalek menggantikan posisi Emil Dardak. (asl)