Muslim Mengucapkan “Selamat Natal” Tidak Ada Masalah

Cawapres KH. Ma'ruf Amin (Foto : www.era.id)

Suarapos.com – Calon Wakil Presiden nomor 01, Ma’ruf Amin menegaskan bahwa tak ada larangan bagi umat muslim untuk mengucapkan selamat natal bagi umat kristiani.

Hal itu ia katakan untuk merespon video dirinya yang menyampaikan ucapan selamat natal dan viral di media sosial.

Ma’ruf menyatakan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai tempat berhimpunnya organisasi massa Islam di Indonesia belum pernah menerbitkan fatwa terkait umat Islam yang mengucapkan selamat Natal.

“Kalau mengucapkan natal itu kan memang tidak ada larangan MUI,” kata Ma’ruf saat ditemui di kediaman pribadinya di Menteng, Jakarta, Rabu (28/12).

Bahkan, Mantan Rais Aam PBNU itu menjelaskan bahwa ulama-ulama yang berasal dari Al-Azhar, Mesir pun tak melarang bagi umat Islam untuk mengucapkan selamat natal.

Ia mencontohkan beberapa nama ulama Al-Azhar seperti Sheikh Ali Jumuah Shaikh Yusuf Qardawi tak melarang ucapan tersebut.

“Masyaikhul Al-Azhar, ulama-ulama Azhar juga membolehkan, ulama-ulama besar itu semua memperbolehkan, jadi enggak ada masalah,” kata dia.

Selain itu, Ma’ruf pun mengimbau agar masyarakat tak kembali meributkan persoalan tersebut. Ia pun membebaskan bagi umat muslim untuk mengucapkan selamat Natal atau tidaknya.

“Boleh (dan) tidak boleh mengucapkan, enggak masalah,” kata dia.

sumber : www.cnnindonesia.com