Tol Trans Jawa Menjadi Saksi Jokowi Kepincut Pecel Madiun

ilustrasi nasi pecel (foto: ngopibareng)

MADIUN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, meresmikan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Jawa Barat hingga Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/12).

Adapun ruas Tol Trans Jawa yang diresmikan kali ini terdiri dari ruas Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km, Batang-Semarang sepanjang 75 km, Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 km, Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 km dan ruas Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 km.

Kehadiran Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, dan tamu undangan lainnya di rest area 597 Tol ruas Ngawi-Kertosono.

Mengenakan jaket hitam dan celana jeans, Jokowi tiba di lokasi rest area tersebut sekitar pukul 10.30 WIB. Ia langsung disambut Ganjar beserta istri, Siti Atikoh dan undangan lainnya.

Setelah bersalaman dan berbincang sejenak, Jokowi dan Ganjar duduk satu meja di rest area tersebut. Keduanya terlihat sangat akrab dan selalu bercanda hingga terlihat keduanya tertawa dari kejauhan.

Keakraban keduanya semakin terlihat saat petugas membawakan sarapan pagi berupa Pecel Madiun, makanan khas daerah itu kepada Jokowi dan Ganjar. Dengan keripik tempe, Presiden melahap Pecel Madiun itu dengan disertai obrolan santai bersama Ganjar.

Pecel Madiun yang dihidangkan hanya menggunakan daun pisang dan piring dari bambu. Meski begitu, makanan sederhana tersebut mampu membuat Presiden Jokowi tampak sumringah.

Gelak tawa Jokowi (Kanan) bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Tengah) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar (Kiri, Berbatik) (Foto : www.tribunnews.com)

Seusai makan, Presiden Jokowi sempat ngevlog dan memamerkan Pecel Madiun, Sate Ponorogo, dan Karak melalui handphone-nya. Aksi Presiden itu sempat diabadikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui video dan diunggah di media sosial instagram.

Menurut Dini, petugas penyedia makanan mengatakan, dalam kesempatan itu dirinya menyediakan aneka makanan kepada Presiden. “Ia tadi kami kasih beberapa makanan, namun pak Presiden suka sekali dengan Pecel Madiun,” kata dia.

Dini juga mengatakan jika Jokowi mengatakan bahwa Pecel Madiun yang disajikan enak. “Tadi juga pak Presiden bilang pecelnya enak,” ucapnya.

Seusai menyantap makan siang, Jokowi dan Ganjar meninjau kios-kios makanan yang ada di rest area tersebut. Dengan ramah, keduanya menyapa pedagang dan warga yang berdesakan ingin berfoto bersama. “Pak Jokowi, saya minta foto pak,” teriak warga.

Dengan sabar, Presiden melayani warga yang ingin berfoto. Beberapa kali bahkan Jokowi mendadak mengambil hanphone warga dan memberikan kepada ajudan untuk mengambilkan foto. “Difotokan saja, biar hasilnya bagus,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar tak hanya meninjau kios penjual makanan di rest area tersebut, namun juga memberikan masukan kepada para pedagang agar dagangannya laris.

“Kalau bisa yang dipajang di depan ini jangan makanan minuman kemasan, langsung saja yang dijual apa. Ibu jualan Sambel Welut, ya itu yang ditaruh di depan, pasti akan lebih menarik minat pembeli. Daripada seperti ini, malah kaya jualan mie instan,” kata Ganjar.

Sumber : www.beritasatu.com